NEWS & EVENT

Posted January 11, 2017

APA ITU PGM-FI?

JAKARTA - Brosis tau dong kalau sekarang sepeda motor Honda sudah memakai teknologi PGM-FI. Apasih PGM-FI itu? Nah, biar Brosis gak penasaran yuk simak artikel ini.

PGM-FI atau Programed Fuel Injection merupakan sistem suplai bahan bakar dengan teknologi kontrol elektronik yang mampu memasok bahan bakar dan oksigen secara optimum sesuai dengan kebutuhan mesin di setiap keadaan. 

Sistem PGM-FI dapat dibagi dalam 3 sub-sistem nih Brosis, yaitu :

  1. Sistem pemasukan udara (air intake) : Sistem ini mengontrol volume udara yang disuplai ke mesin.

  2. Sistem suplai bahan bakar : Sistem ini mengirim bahan bakar yang telah diatur dan ditekan injektor.

  3. Sistem kontrol : Sistem ini menggunakan ECM (Engine Control Module) untuk mengontrol volume bahan bakar dan waktu penginjeksian berdasarkan sinyal dari berbagai sensor.

PGM-FI ini akan membuat motor mempunyai performa yang ramah lingkungan, irit bahan bakar namun tidak mengurangi performa karena perbandingan antara suplai bahan bakar, udara dan pengapian di kontrol oleh sensor elektronik. 

Kelebihan dari PGM-FI ini adalah :

  1. Ramah Lingkungan. Perpaduan sensor cerdas dan catalytic converter mampu menekan gas buang dan menekan emisi hingga 90% sesuai dengan standar regulasi EURO 3. Ini menjaga udara tetap bersih. 

  2. Irit Bahan Bakar. Konsumsi BBM lebih hemat hingga 17% yang didapatkan melalui teknologi yang mengendalikan komposisi optimal antara pasokan bahan bakar dan oksigen.

  3. Bertenaga. Pengaturan kinerja mesin yang terprogram memberikan akselerasi yang lebih responsif. 

  4. Mudah dihidupkan. Mesin lebih mudah dihidupkan dalam segala kondisi dan suhu udara, ketinggian dari permukaan laut dan bahkan setelah lama tidak dihidupkan sekalipun.

  5. Perawatan mudah. Didukung oleh Malfunction Indicator Lamp (MIL) untuk mengidentifikasi gangguan mesin melalui jumlah kedipan lampu sehingga membantu perawatan menjadi lebih mudah.

Sekian dulu Brosis artikel mengenai PGM-FI, semoga bermanfat.

Share: