NEWS & EVENT

Posted October 06, 2017

MEMILIH HELM FULL FACE

Punya helm full face yang bagus dan mempunyai merk terkenal bisa jadi kebanggan, apalagi helm tersebut memiliki harga sampai jutaan rupiah. Tapi apakah hal tersebut menjadi salah satu hal penting dalam pemilihan helm? Dalam memilih helm full face sebenarnya tidak harus mahal, Brosis. Yang terpenting adalah nyaman dan aman saat digunakan, dan harus sudah Standar Nasional Indonesia (SNI). Kalau Brosis ada rencana mau beli helm full face baru, ada beberapa hal yang harus diperhatikan nih, antara lain :

  1. Sesuaikan ukuran helm dengan kepala Brosis. Carilah helm yang menekan bagian pipi dan dahi, jangan menggunakan helm yang terlalu sempit atau longgar. Cara mengeceknya sempit atau longgar gampang kok Brosis, coba pakai helm tersebut selama 30 detik, jika busa helm menekan kedua pipi terlalu dalam dan dahi terasa sakit berarti helm tersebut terlalu kecil. Jika Brosis gelengkan kepala ke kiri dan ke kanan, lalu helm bergeser, berarti helm tersebut terlalu longgar.

  2. Pilih kaca helm yang bening / visor bening. Saat helm digunakan pada malam hari, kaca helm tidak akan menjadi penghalang karena membuat pandangan menjadi gelap. Jika digunakan pada siang hari dan terasa silau, Brosis bisa menggunakan kacamata hitam. Untuk sekarang beberapa helm sudah memiliki fitur double visor yang memiliki visor hitam tambahan yang sudah terpasang di helm.

  3. Pilih helm full face yang menggunakan desain kunci di bagian leher, agar tidak mudah lepas. Brosis bisa periksa terlebih dahulu mekanisme cara kerja penguncian helm tersebut.

  4. Jika Brosis memakai kacamata, Brosis bisa memilih jenis helm full face yang flip up (buka tutup). Perhatikan bagian mekanisme kuncian buka tutupnya. Pastikan helm tersebut ketika dibuka tutup dapat menutup kuat dan baik.

  5. Periksa juga kekencangan pada bagian baut penahan kaca helm. Bagian ini biasanya yang paling mudah mengalami kerusakan, jadi pilih helm yang memiliki pengait kaca helm yang kuat.

  6. Dan terakhir, jangan lupa memeriksa sertifikasinya. Sertifikasinya juga yang khusus dan dikeluarkan oleh lembaga tertentu, misal DOT, SNELL, SNI, dll.

Untuk lebih memudahkan Brosis dalam memilih ukuran, berikut chart yang bisa Brosis gunakan. Sesuaikan dengan ukuran lingkar kepala Brosis.

  • Ukuran S = 55 - 56 cm
  • Ukuran M = 57 - 58 cm
  • Ukuran L = 59 - 60 cm
  • Ukuran XL = 61 - 62 cm

Ingat Brosis, intinya pakai helm full face bukan karena merk beken atau harga yang mahal. Tapi gunakan helm yang aman dan nyaman saat digunakan.

Share: