Posted December 30, 2016

MENGENAL ARTI KEDIPAN MALFUNCTION INDICATOR LIGHT (MIL)

JAKARTA - Semua sepeda motor yang berteknologi injeksi biasanya dilengkapi dengan lampi indikator pada panel speedometernya. Nah lampu tersebut dinamakan Malfunction Indicator Lamp (MIL). Malfunction Indicator Lamp ini berfungsi sebagai pemberitahu kondisi mesin. Untuk mengetahui kerusakan yang terjadi, Sobat bisa melakukan perhitungan pada jumlah kedipan yang muncul. Untuk sepeda motor Honda memiliki standar kode tersendiri terhadap jumlah kedipan MIL ini.

  • 1 kedipan

Kode ini menunjukkan motor Sobat mengalami kerusakan pada Manifold Absolute Pressure (MAP) yang mendeteksi tingkat kevakuman pada intake manifold.

  • 7 kedipan

Kode ini menunjukkan Engine Oil Temperature atau Engine Coolant Temperature mengalami gangguan. Gangguan ini menyebabkan sistem pembakaran tidak bisa bekerja maksimal yang berimbas pada pemborosan bahan bakar.

  • 8 kedipan

Kode ini menunjukkan terjadinya gangguan pada sensor Throttle Position. Kerusakan pada sensor tersebut menyebabkan pemborosan bahan bakar dan sulit starter.

  • 9 kedipan

Kode ini menandakan Air Temperature mengalami gangguan. Sensor Intake Air Temperature (IAT) bekerja dengan cara mendeteksi suhu udara yang melewati throttle body, kemudian mengubah suhu menjadi sinyal listrik dikirim ke ECU. Dengan adanya sensor IAT, jumlah bahan bakar yang diinjeksikan akan selalu pada tingkat yang optimal.

  •  12 kedipan

Kode ini menunjukkan pada injektor sepeda motor Sobat mengalami masalah. Hal ini menyebabkan sepeda motor tidak bisa dinyalakan.

  •  21 kedipan

Kode ini menunjukkan gangguan sensor O2. Sensor ini berfungsi untuk mendeteksi gas buang terhadap gas-gas beracun dan kondisi pembakaran mesin.

  •  29 kedipan

Kode ini menunjukkan Idle Air Control Valve (IACV) mengalami gangguan. IACV ini sendiri merupakan komponen yang membantu dalam penyalaan mesin.

  •  33 kedipan

Kode ini menunjukkan bahwa sepeda motor Sobat tidak bisa menyala karena terjadi gangguan pada Engine Control Module (ECM) yang merupakan otak dari seluruh pengaturan sistem injeksi.

  •  54 kedipan

Kode ini menunjukkan terjadinya kerusakan pada sensor Bank Angle. Sensor ini berfungsi mematikan tenaga ketika mesin mengalami kemiringan mencapai 60 derajat.

 

Share: