NEWS & EVENT

Posted September 23, 2020

MOTOR HONDA VARIO 125

PT Astra Honda Motor (AHM) memberikan penyegaran pada skutik popular New Honda Vario 150 dan New Honda Vario 125 untuk menemani aktivitas masyarakat. Tampil semakin berkelas dengan desain sporti, keduanya hadir dengan suguhan warna dan stripe terbaru yang melengkapi performa terbaiknya.

New Honda Vario 150 sebagai pilihan skutik bagi anak muda yang menyukai desain ekslusif dan sporti kini hadir dengan pilihan warna dan stripe baru untuk varian sporty yaitu Sporty White Red dan Sporty Black Red. Untuk varian ekslusif, disematkannya velg warna gold pada varian Exclusive Matte Black, serta hadirnya 3D emblem terbaru berwarna merah pada varian Exclusive Matte Silver menjadikan tampilan motor skutik ini semakin berkelas. Kombinasi aksesoris, varian warna, dan desain stripe terbaru ini melengkapi dua warna yang telah dipasarkan sebelumnya yaitu Exclusive Matte Red dan Exclusive Matte Brown.

Sementara itu, New Honda Vario 125 kini tampil semakin sporti dengan penyegaran warna pada tipe CBS-ISS yaitu Advance White. Kombinasi desain serta beragam fitur unggulan varian warna baru ini melengkapi empat pilihan warna lainnya yang telah dipasarkan sebelumnya untuk tipe CBS ISS yaitu Advance Matte Blue dan Advance Matte Black, serta untuk tipe CBS hadir dengan desain stripe dan pilihan warna terbaru Advance Black dan Advance Red.

Vario 125 punya desain tubuh baru mengikuti perubahan kakaknya, Vario 150. Secara dimensi lebih kompak dan dinamis. Lampu depannya terpisah dengan daytime running light. Sudah dilengkapi teknologi LED sehingga terlihat mewah. Bagian belakang desainnya dibuat ramping, pakai sepatbor menggantung sehingga kesan sportif lebih keluar.

Fiturnya kini lebih banyak, ada remote pintar yang terintegrasi answer back system dan alarm. Panel instrumen sudah dilengkapi teknologi digital dengan informasi lebih banyak: konsumsi bahan bakar-rata-rata, indikator daya aki, pengingat servis berkala dan lain-lain. Fitur lama seperti combi brake system (CBS), brake lock, side stand switch tetap dipertahankan. Idling stop system (ISS) untuk menghemat bahan bakar, khusus di varian tertinggi. Bagasi di bawah jok pun cukup luas meletakkan helm full face.

Mesin Vario 125 masih sama seperti yang lama. Seperti namanya, Honda membekali dengan kapasitas 125 cc. Jantung mekanis itu mampu memuntahkan torsi puncak 10,86 Nm pada 5.000 rpm dan tenaga maksimal 11,1 PS pada 8.500 rpm.

Kompensasi perubahan desain dan fitur, membuat harga Honda Vario 125 2018 naik dibanding model sebelumnya. Khusus varian CBS dijual Rp 19,1 juta (OTR Jakata) dan varian CBS - ISS Rp 19,9 juta (OTR Jakarta).

Fitur Honda Vario 125

Meski belum keyless seperti Vario 150, tapi fitur Vario 125 cukup banyak. Mulai dari sistem pencahayaan full LED hemat daya Panel instrumen sudah pakai full digital dengan berbagai informasi: konsumsi bahan bakar rata-rata, trip meter, daya aki, pengingat servis berkala dan lain-lain. Skutik ini juga dilengkapi remote pintar yang terintegrasi anti-theft alarm dan answer back system.

Fitur lama Vario 125 tetap tersedia di model baru. Sebut saja combi brake system (CBS), idling stop system (ISS) yang diklaim mampu menghemat konsumsi bahan bakar tapi cuma di varian tertinggi. Ada pula brake lock, berguna menahan kendaraan saat motor berhenti di jalan menanjak. Tidak ketinggalan side stand switch, pencegah motor aktif saat standar samping sedang diturunkan.

Desain Vario 125

Perubahannya memang mengikuti Vario 150, tapi tidak semua bagian dapat penyegaran. Sebut saja desain pelek dan ukuran ban, masih sama seperti sebelumnya. Padahal sang kakak mendapat revisi di dua bagian itu. Karet bundar Vario 125 2018 di bagian depan berukuran 80/90-14 inci dan belakang 90/90-14 inci.

Soal tampilan memang lebih mewah, terutama lewat paras baru. Dari spesifikasi dimensi juga semakin kompak. Skutik ini punya panjang 1.919 mm, lebar 679 mm dan tinggi 1.062 mm. Hanya saja dari sisi bobot justru bertambah 2 Kg menjadi 111 Kg.

Pilihan warnanya ada empat, dengan tampilan mengilap dan grafis yang membuat kesan sportif semakin keluar. Opsinya mulai dari advance red (merah), advance white red (putih grafis merah), advance black (hitam) dan advance white blue (putih grafis biru).

Mesin & Konsumsi BBM Honda Vario 125

Vario 125 tidak mendapat perubahan mesin sama sekali. Depot dayanya tetap berkapasitas 125 cc, sesuai namanya. Jantung mekanis ini bisa mengeluarkan torsi puncak 10,8 Nm pada 5.000 rpm dan tenaga maksimal 11,1 PS pada 8.500 rpm. Sistem transmisi CVT.

Performa mesin yang tidak direvisi tapi bobot motor bertambah, berimbas pada konsumsi bahan bakar jadi semakin boros. Honda mengakui itu dengan mengklaim catatan irit Vario 125 kini 51,7 Kpl dengan metode ECE R40 Euro 3 dan fitur ISS diaktifkan. Padahal dengan metode sama, model lawasnya sanggup mencapai 55 Kpl.

Share: