Posted March 29, 2017

PENYEBAB & SOLUSI KAMPAS REM BERBUNYI

JAKARTA - Rem memiliki fungsi untuk menjaga keselamatan dan keamanan selama berkendara. Banyak pemilik kendaraan bermotor yang tidak mengetahui penyebab dari timbulnya suara berdecit pada rem, padahal suara berdecit ini merupakan hal yang membahayakan lho, Sob! Apa saja penyebab dan solusi untuk kampas rem yang berbunyi?.

1. Kampas rem kotor. Pada saat mengendarai dan melintas jalan berdebu atau berpasir itulah perlahan-lahan kotoran / debu menempel pada bagian kampas rem. Hal ini dapat menyebabkan kampas rem berbunyi. Solusi : Apabila Sobat ingin mengerjakan sendiri, maka buka bagian kampas rem yang berbunyi dan bersihkan dengan amplas. Gosoklah dengan perlahan jangan terlalu keras karena akan membuat kampas rem semakin tipis.

2. Kampas rem tipis. Gesekan logam kampas rem dan piringan cakram menimbulkan suara decitan, hal ini diakibatkan sering menunda untuk mengganti kampas rem yang sudah tipis. Solusi : Kampas rem yang sudah tipis tidak dapat bertahan lama, kalau sudah begitu Sobat harus membeli dan mengganti kampas rem yang baru. Karena semakin lama kampas rem tidak diganti, akan semakin besar juga peluang terjadinya kecelakaan.

3. Kampas rem terkontaminasi. Beberapa orang percaya bahwa memakai oli dan minyak atau sejenisnya akan membuat remnya pakem. Padahal hal tersebut dapat mengakibatkan kampas rem gosong dan semakin berbahaya. Solusi : Ada baiknya untuk mengganti kampas rem dengan yang baru. Selain menghilangkan suara decitan dapat juga menghilangkan kesan jelek kampas rem yang terlihat gosong.

4. Kampas rem selip. Untuk kasus ini diakibatkan dari pengendaranya karena terlalu sering menekan tuas rem. Material kampas rem menjadi keras sehingga rem kurang pakem dan berbunyi. Solusi : Ganti kampas rem dengan yang baru dan perlu diketahui berilah jarak bebas pada tuas rem dengan standar 10-20 ml.

5. Disc brake sudah tipis dan tidak rata. Piringan tidak rata diakibatkan pernah kehabisan kampas rem atau pemakaian dalam rentan waktu yang cukup lama. Solusi : Segera ganti piringan cakram dengan yang baru.

Share: