NEWS & EVENT

Posted October 16, 2019

PERJALANAN HONDA MONKEY

JAKARTA - Honda Monkey generasi pertama diperkenalkan di Tama Tech Park, bagian dari Kompleks Sirkuit Honda-Suzuka, Tokyo pada tahun 1961 dengan nama Honda Z100. Motor mini berkapasitas mesin 49cc ini mulanya hanya digunakan bagi anak-anak pengunjung taman untuk berkeliling taman, dan tidak dijual untuk umum. Honda Z100 menjadi bahan tontonan sekaligus tertawaan pengunjung taman, bentuknya yang kecil membuat setiap orang yang menungganginya seperti seekor monyet. Bayangkan dengan tinggi sekitar 560mm (dari jok ke tanah), pengendara motor malah terlihat membungkuk, lengan dan kaki mereka terpaksa nongol di berbagai sisi. Tapi tertawaan tidak selamanya bisa dianggap sebagai sebuah hinaan. Tertawaan menjadi bukti bahwa Honda Z100 adalah motor ikonik. Maka tak heran jika pada akhirnya para pengunjung taman menjuluki motor tersebut dengan sebutan Honda Monkey.

Honda Z100 Monkey 1961

 

Honda merespon ketertarikan para pengunjung taman terhadap Honda Monkey dengan baik. Sekitar 1964, sebelum membuat massal Honda Monkey, Honda membuat seri lain dari Z100 yaitu CZ100. Perubahan nama tak menunjukkan perubahan berarti di kedua seri. Masih dengan tenaga 49cc, Honda kurang lebih hanya mengubah model tangki dari model polos dan berwarna putih menjadi krom dengan model serupa milik Honda CB era 1960-an.

Honda CZ100 Monkey 1964

 

Tahun 1967, setelah menyadari bahwa seri Z benar-benar merupakan motor ikonik, Honda pun memproduksi massal seri Honda Monkey lain yaitu Honda Z50M dan memasarkannya di Eropa juga Amerika Serikat.

Honda Z50M Monkey 1967

 

Tahun 1979, adalah titik di mana Honda melucuti monyetnya dan memasangkan tampilan baru dengan patron sembalap. Seri itu dinamai Honda Z50R yang lahir dengan berbagai peningkatan seperti kursi yang lebih empuk, tangki bensin yang lebih baik, setang model sepeda BMX yang lebih condong ke depan agar terkesan lebih racing.

Honda Z50R Monkey 179

 

Dalam sejarah dunia motor, Honda Z50R sering digunakan dalam aktivitas motocross meski punya ukuran yang mini. Motor tersebut dibangun masih dengan mesin 49cc dengan performa lebih baik ketimbang model Honda Monkey sebelumnya. Tak hanya itu, Z50R juga dianggap beda karena memiliki suspensi depan dan belakang.

Mengikuti zaman ketika sederet pabrikan motor Jepang menggempur pasar otomotif dengan jenis motor balap pada 1988, Honda Monkey pun tidak ketinggalan. Mereka merilis Honda Monkey R yang tetap mempertahankan karakter mungil dan memberikan peningkatan drastis pada kerangka dan mesinnya. Monkey R dibangun dengan kerangka, suspensi, dan sistem rem yang jauh lebih baik dan mewah. Bahkan generasi Monkey R menghadirkan mesin bertenaga 88cc.

Honda Monkey R 1988

 

Kreativitas Honda dalam membuat generasi Monkey yang baru tak ada habisnya. Pada tahun 1991, Honda kembali menggebrak pasar motor dengan meluncurkan Honda Monkey Z50R Baja yang memiliki lampu ganda model rally. Z50R masih dipasarkan sampai tahun 1999 hingga digantikan oleh XR50R yang menjadi pendahulu seri motor-motor CRF modern.

Honda Monkey Z50R Baja 1991

 

Seiring berjalannya waktu, Honda Monkey dengan seri Z50J terus diproduksi oleh Honda dan berakhir pada 2017 silam. Karena mengikuti regulasi emisi gas buang dengan standar EURO 4 di mana sulit diterapkan motor bertenaga kecil seperti Honda Monkey. Namun kabar menyedihkan itu tidak berlangsung lama, pada GIIAS 2019, Honda memajang Honda Monkey model terbaru dengan mesin 125cc.

Honda Monkey 2019

Share: