NEWS & EVENT

Posted January 21, 2020

SEJARAH HONDA GOLD WING

JAKARTA - Pada tahun 1972, Honda mengutus Soichiro Irimajiri dan teamnya yang sudah mahir dalam mengembangkan mesin lima dan enam silinder pada motor balap Honda saat itu untuk membuat motor Grand Touring. Team Soichiro Irimajiri berhasil membuat sebuah motor konsep bernama Honda M1 yang dibekali mesin enam silinder horizontal dengan shaft drive. Meski motor ini tidak diproduksi massal, teknologi dan desain motor inilah yang menjadi basis pengembangan Honda Gold Wing.

Honda M1 1972 - Gold Wing Prototype

 

Sobat mungkin sudah tidak asing dengan Honda GL, misalnya GL100, GL Max, GL Pro, sampai GL200 alias Honda Tiger. Tapi dijamin tidak banyak yang tahu kalau Honda Gold Wing termasuk keluarga GL juga. Honda GL1000 alias Gold Wing generasi pertama ini secara tampang jauh banget dengan Gold Wing era 1990an sampai sekarang yang punya fairing. Secara desain masih kental aura retro classic Japanese Bike. Total kapasitas mesinnya ialah 1.000cc 4-tak 4 silinder horizontal, mesin tersebut didinginkan lewat teknologi radiator. Maksimum output yang dikeluarkan mencapai 80 PS/ 7.500 rpm dan bobotnya sampai pada angka 265 kg, sehingga terbilang sangat berat. Meski didesain sebagai Grand Tourer, tapi Honda Gold Wing generasi pertama belum dibekali box di kiri kanan hingga windshield.

Honda GL1000 Gold Wing 1975

 

Aura Grand Tourer Honda Gold Wing baru terlihat pada generasi kedua yang diluncurkan tahun 1980. Mesin empat silinder horizontalnya mengalami peningkatan menjadi 1.085cc di  generasi kedua ini, karakternya pun lebih mengutamakan torsi dibandingkan tenaga. Di Honda Gold Wing generasi kedua ini sudah dilengkapi air-assisted suspension system yang bikin rider atau boncengernya jadi makin nyaman. Untuk menunjang perjalanan jauh, sudah dilengkapi box dan pannier hingga jok yang memanjakan penumpangnya. Mulai pada generasi kedua ini sound system dan radio dipasang. Kalau Sobat lihat ada antena di dekat box belakang, itu memang bukan hiasan tapi ada fungsinya buat menangkap sinyal radio.

Honda GL1100 Gold Wing 1980

 

Generasi ketiga Honda Gold Wing muncul pada tahun 1984 dengan desain yang masih kental dengan aura touring. Gold Wing versi ini mesinnya meningkat lagi menjadi 1.182cc yang membuat motor ini menjadi raja kalau urusan kubikasi mesin pada masanya. Di bagian mesin juga ada penambahan hydraulic valve adjustment yang bikin motor tidak perlu sering-sering servis rutin di bengkel. Pada sasis, juga sedikit diubah dari versi sebelumnya, meski mesin lebih besar tapi Gold Wing generasi ketiga ini tetap lincah saat digunakan.

Honda GL1200 Gold Wing 1984

 

Honda Gold Wing generasi keempat makin terlihat modern dengan model fairing yang menutupi seluruh mesinnya. Desain velgnya jadi semakin futuristik karena menyembunyikan rem cakram. Kalau soal mesin, kubikasi ditambah lagi jadi 1.500cc dan konfigurasinya jadi enam silinder horizontal dengan masing-masing tiga silinder disetiap sisinya.

Honda GL1500 Gold Wing 1988

 

Memasuki milenium baru, Honda Gold Wing jadi terlihat semakin futuristik. Tampilan lampu depannya mengikuti alur desain CBR series dengan dua lampu terpisah. Velgnya sudah tidak seperti generasi sebelumnya, sekarang lebih kelihatan sporty dengan lima palang. Generasi kelima Gold Wing ini punya mesin paling besar kubikasinya, mencapai 1.800cc! Dan jangan kaget karena motor super besar ini bobotnya tembus di angka 400 kg! Dan ditahun 2006, Honda Gold Wing sudah ditambahkan fitur SRS Airbag. Dan yang lebih canggih, motor ini sudah dilengkapi head unit LCD seperti di mobil untuk keperluan navigasi.

Honda GL1800 Gold Wing 2001

 

Motor tourer super gede Honda ini akhirnya mendapatkan penyegaran setelah 17 tahun. Gold Wing generasi keenam ini masih mengusung mesin 1.832cc dengan 6 silinder 7 kecepatan Dual Clutch Transmission generasi terbaru yang dilengkapi dengan forward/reverse Walking Mode. Honda Gold Wing terbaru memiliki fitur canggih dan bergengsi seperti sistem Throttle-by-Wire yang memiliki 4 mode riding (Tour, Sport, Econ, dan Rain). Honda Selectable Torque Control (HSTC) Hill Start Assist, dan sistem cruise-control yang dapat disetel untuk kenyamanan maksimal pengendaranya. Perubahan lainnya dari sasis baru yang bikin Honda Gold Wing ini bobotnya berkurang 40 kg sehingga dijamin makin mudah dikendarai.

Honda GL1800 Gold Wing 2018

Share: