Posted April 29, 2022

Cara Bedakan Bensin Oplosan dan Bensin Murni

JAKARTA - Sekarang makin banyak yang menjual bensin eceran dengan cara curang yaitu mencampur atau mengoplos bensin dengan berbagai zat lainnya agar bisa mendapatkan keuntungan yang banyak. Dampak penggunaan bensin oplosan ini bisa sangat berbahaya bagi kendaraan kesayangan anda. 

Bahaya dari penggunaannya adalah dapat merusak komponen-komponen di dalam mesin. Mesin motor anda bisa rusak atau turun mesin. Oleh karena hal tersebut anda yang sering membeli bensin eceran wajib lebih waspada. Jangan sampai merusak kendaraan kesayangan ya. 

Cara untuk membedakannya akan dibahas di artikel ini ya, pastikan anda baca artikel ini hingga selesai agar mendapatkan ilmu dan kendaraan anda terhindar dari kerusakan. Berikut cara membedakan bensin oplosan dan bensin asli :

 

1. Tes bensin menggunakan jari tangan

Cara ini mungkin terdengar aneh, tapi ini adalah salah satu cara yang paling sederhana. Kenapa demikian? Karena bensin adalah zat yang mudah menguap atau mengering, jika jari anda dicelupkan ke bensin dan bensin langsung menguap atau kering berarti bensin tersebut asli, jika setelah dicelupkan dan beberapa detik tidak ada perubahan maka kemungkinan besar bensin tersebut adalah oplosan.

 

2. Cek dari warna bensin

Metode yang satu ini sedikit lebih sulit tapi bisa menjadi solusi jitu lho. Apa saja warna bensin yang ada di SPBU resmi? bensin jenis Premium berwarna kuning cerah, Pertalite hijau, Pertamax biru, Pertamax turbo merah. Jika anda menemukan bensin yang dijual selain dari warna bensin di atas maka sudah pasti palsu.

 

3. Cek endapan di dasar botol

Bensin yang asli dan murni tidak ada kontaminasi dari zat lain dan pastinya tidak ada endapan di dasar botol atau di wadah. Jika Sobat menemukan ada endapan di bawah botol sudah dipastikan bensin tersebut sudah dioplos sedemikian rupa. Maka dari itu selalu cek endapan di dasar botol jika terpaksa memberli bensin secara eceran ya, Sob.

 

4. Menggunakan koran

Kenapa menggunakan koran? Karena bensin yang sudah dioplos dituangkan ke koran, maka tulisan akan luntur. Ini karena sebagian besar pedagang bensin eceran yang nakal mencampurkan bensin murni dengan minyak tanah atau air. Tinta yang ada di koran tidak tahan dan akan luntur jika terkena minyak tanah atau air.

 

#nusantarasaktigroup #tipstrik #tips #trik #infoasik #bensin #bahanbakar #bensinmurni #bensinoplosan

Share: