Posted May 30, 2022

Cara Merawat Ban Motor Supaya Awet

JAKARTA - Ban merupakan salah satu komponen penting pada sepeda motor, karena part ini langsung bersentuhan dengan permukaan jalan. Maka dari itu, ban sepeda motor perlu diperhatikan perawatannya untuk menjaga fungsi kerjanya dengan baik saat dipakai berkendara. Berbagai fungsi ban motor antara lain, menahan beban motor penumpang dan pengendara, memindahkan putaran menjadi gerakan maju, memiliki kemampuan meredam getaran ketika kendaraan menerima momen saat berjalan, termasuk kemampuan menjaga dan merubah arah kendaraan.

 

Pentingnya merawat ban turut mendukung kenyamanan pemakaian sepeda motor dalam beraktivitas. Ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan dalam perawatannya, berikut tipsnya.

1. Pakailah velg dan ukuran ban yang dianjurkan oleh pabrikan motor. Sebab pabrikan motor sudah memperhatikan dan memperhitungkan baik-baik ukuran ban yang sesuai dengan motor tersebut. Ban yang tidak sesuai dengan motor akan berakibat tidak baik dan berbahaya karena bisa merusak komponen tertentu.

2. Perhatikan beban yang harus diangkut oleh sepeda motor Sobat. Jangan sampai melebihi batas beban angkut, karena hal tersebut dapat membuat ban cenderung lebih cepat gundul, retak, bahkan pecah. Untuk mengantisipasi kerusakan, Sobat bisa mengecek kondisi ban sepeda motor setiap 10.000 km.

3. Usahakan untuk tidak memarkirkan sepeda motor Sobat langsung di bawah terik matahari. Karena tekanan angin pada ban akan meningkat dikarenakan pemuaian udara akibat terkena panas. Ban motor akan lebih cepat botak, retak-retak pada permukaannya.

4. Cek selalu kondisi pentil ban dan jangan sampai pentil ban motor Sobat mengalami kebocoran. Kondisi tekanan udara pada ban juga harus diperhatikan, jangan sampai kelebihan atau kekurangan. Jangan memaksakan untuk mengendarai motor dengan keadaan ban yang kempes, sebab ban yang kempes akan lebih mudah bocor, dan bisa merusak velg. Sedangkan jika tekanan udara terlalu tinggi, akan mengakibatkan ban pecah bahkan meledak.

5. Sangat disarankan untuk membersihkan ban motor secara rutin dari kotoran-kotoran seperti pasir atau kerikil. Karena kotoran-kotoran tersebut bisa mempercepat keausan ban, mudah bocor, dan pecah.

6. Jika kondisi tidak memaksa untuk mengerem mendadak, sebaiknya Sobat tidak perlu melakukan rem secara mendadak. Hal tersebut bisa membuat permukaan ban tergerus aspal dan membuat ban cepat botak.

 

Aspek-aspek diatas yang perlu Sobat perhatikan dalam pemeliharaan ban sepeda motor. Namun jika ban sepeda motor Sobat sudah mengalami rusak, Sobat dapat memesan ban sepeda motor baru melalui www.kliknss.co.id/sparepart/tire

Kamu juga bisa memesan ban sepeda motor diskon hingga 25% di official store marketplace kami di:

 

#nusantarasaktigroup #bansepedamotor #merawatbanmotor #ban #tips

Share: