Posted April 27, 2022

Cara Rawat Motor Injeksi Agar Tetap Awet dan Mesin Tetap Optimal

Cara Merawat Motor Teknologi Injeksi Agar Tetap Awet dan Performa Mesin Tetap Optimal

 

JAKARTA - Sepeda motor yang ada sekarang ini sudah menggunakan teknologi injeksi, kalau di motor Honda Namanya PGM-FI (Programmed Fuel Injection) yang pastinya bikin motor kamu irit pake banget dan ga rugi punya motor Honda. Nah buat kamu yang motornya menggunakan teknologi injeksi, wajib banget baca artikel ini untuk tahu bagaimana caranya merawat motor inkeksi agar mesinnya awet, prima dan tetap optimal. Yuk baca dibawah ini:

 

1. Rutin Ganti Oli Sesuai Jadwal Servis Motor

Ganti oli adalah hal yang wajib loh, kamu harus rutin ganti 2 bulan sekali saat motor sudah menempuh jarak 2.000 km. Hal ini agar mesin motor tidak kekurangan pelumas dan menghindari kerusakan blok mesin.
 

2. Merawat Busi Motor

Busi adalah komponen yang berfungsi untuk memantik api yang penting dalam proses pembakaran di mesin. Kamu wajib memeriksa busi agar pembakaran di mesin maksimal dan motor tidak susah saat dinyalakan. Jika busi tidak rutin dicek dan tidak dirawat maka proses pembakaran tidak akan sempurna sehingga mesin kurang bertenaga dan motor susah untuk dinyalakan. Buat kamu yang motornya sulit dinyalakan sebaiknya segera cek busi motor atau bawa ke bengkel resmi terdekat ya.
 

3. Memerika Kondisi Eletronic Control Unit (ECU)

ECU adalah inti dari sistem injeksi pada motor. Alat ini mengatur keseluruhan unit injeksi pada motor, baik bahan bakar yang disemprotkan dan buka tutup klep injektor. Jika alat ini terganggu maka injektor tidak akan berjalan sempurna dan motor akan mogok.
 

4. Cek Kondisi Aki

Aki adalah salah satu sparepart yang penting di sepeda motor. Motor yang menggunakan teknologi injeksi sangat bergantung pada aki untuk menghidupkan mesin pada sistem pembakaran. Jika kamu menggunakan motor dengan teknolgi injeksi, maka pastikan untuk rutin cek kondisi aki ya.
 

5. Pakai BBM Oktan Tinggi

Penggunaan BBM dengan oktan 90 ke atas adalah salah satu cara merawat motor injeksi yang paling mudah. Kenapa demikian? Karena dengan menggunakan BBM beroktan tinggi maka dapat menyempurnakan pembakaran di dalam mesin motor. Jika menggunakan BBM oktan rendah atau kualitas rendah maka akan memicu kerusakan pada kompinen mesin.
 

6. Rutin Servis Sepeda Motor

Servis berkala adalah cara yang sangat penting untuk merawat kondisi motor injeksi agar kinerja tetap optimal dan makin bertenaga. Sediakan waktu setiap dua bulan sekali. Usahakan untuk melakukan servis motor injeksi di bengkel resmi dengan standar yang telah ditetapkan.
Untuk motor Honda sebaiknya servis di bengkel resmi AHASS ya.
 
Itu dia brosis cara merawat motor dengan teknologi injeksi agar motor kamu awet, prima dan makin optimal. Yang paling penting dari merawat motor injeksi adalah kamu wajib untuk rutin melakukan pengecekan komponen motor.
 
Buat kamu yang lagi cari sparepart motor Honda resmi dan pasti asli, bisa cek di: https://kliknss.co.id/sparepart
 
Artikel ini telah terbit di: https://www.kliknss.co.id/artikel/cara-merawat-sepeda-motor-teknologi-injeksi-agar-tetap-awet-dan-performa-mesin-tetap-gacor

Share: