Posted July 18, 2022

Tanda Sudah Waktunya Ganti Gear Set Motor

JAKARTA - Melakukan perawatan sepeda motor bukan hanya terfokus pada mesin dan membersihkan dengan cara mencuci. Pasalnya ada beberapa komponen pendukung agar motor bisa tetap memiliki performa, seperti halnya dengan gear dan rantai. Komponen ini biasa disebut gear set (gear depan, gear belakang, dan rantai). Terdiri dari tiga komponen, gear dan rantai memiliki fungsi untuk menyalurkan putaran mesin ke roda belakang sehingga menghasilkan tenaga gerak. Oleh karena itu komponen gear set terbilang sangat penting untuk diperhatikan.

 

Perawatan gear dan rantai terbilang sangat mudah, Sobat cukup melumasi rantai dengan chain lube atau oli khusus rantai dan membersihkan gear dan rantai dari debu atau partikel yang menempel pada bagian ini. Sobat juga sewaktu-waktu memperhatikan posisi jarak main rantai, dengan posisi jarak main ideal 15-25 mm. Untuk pelumasan rantai sangat tidak disarankan menggunakan oli bekas, karena di dalam oli bekas terdapat berbagai macam kotoran dalam bentuk partikel dari dalam mesin yang dapat menimbulkan kerusakan pada gear ataupun rantai.

 

Jika perawatan sudah dilakukan, tentunya komponen gear dan rantai memiliki masa pakai yang bisa dilihat dari bentuk fisik dan keluhan yang dirasakan saat berkendara. Jika gear dan rantai sudah memiliki tanda-tanda seperti di bawah ini, sangat disarankan untuk menggantinya dengan ukuran dan kualitas yang memang sudah direkomendasikan, seperti Honda Genuine Parts.

 

Baca juga : Sparepart Yang Sobat Cari Tidak Ada? Pakai Hotline Order Di AHASS Nusantara Sakti Aja

 

1. Permukaan rantai aus.

Tanda pertama pada rantai motor yang harus diganti bisa dilihat dari permukaan rantai yang aus, jika kondisi ini terjadi maka daya cengkraman dari rantai dengan gear pun menjadi kurang maksimal, sehingga putaran roda pun tidak normal.

2. Permukaan gear aus

Selain pada rantai, permukaan gear yang aus bisa menjadi indikasi sudah waktunya untuk mengganti gear set. Jika Sobat perhatikan, ujung gear yang sudah meruncing dan jarak antara mata gear dengan mata gear lainnya sudah tidak sama, maka Sobat harus menggantinya dengan yang baru. Hal ini bisa menyebabkan gesekan yang tidak rata dengan rantai penggerak.

3. Suara berisik ketika berkendara pelan

Tidak semua tanda kerusakan gear dan rantai bisa dilihat dengan kasat mata, tanda berikut bisa dirasakan ketika Sobat berkendara. Ketika berkendara dengan kecepatan rendah, akan muncul suara yang berisik. Hal ini disebabkan karena adanya rantai yang longgar bergesekan dengan permukaan komponen lain seperti arm.

4. Rantai gampang kendor

Jika rantai Sobat sering mengalami kendor padahal baru saja disetel kekencangannya, bisa jadi ini adalah tanda rantai sepeda motor Sobat untuk segera diganti. Kondisi ini sangat berbahaya, karena bisa menyebabkan rantai loss atau lepas dari gearnya.

5. Ketegangan rantai tidak stabil

Untuk kondisi berikut bisa Sobat lihat dengan cara memutar roda belakang dan posisikan motor dengan standar tengah. Rantai yang sudah aus seringkali akan mengendor dan menegang tidak beraturan pada saat roda berputar.

6. Tarikan motor terasa berat saat dikendarai

Banyak orang yang mengartikan jika tarikan motor dirasa berat lantaran mesinnya sudah panas. Namun tahukah Sobat jika hal ini juga bisa disebabkan oleh kondisi rantai atau gear sepeda motor Sobat yang sudah aus? Rantai motor yang aus bisa menyebabkan perbedaan selisih waktu antara putaran gear depan dan belakang, sehingga hal ini menyebabkan putaran roda belakang menjadi terlambat. Dan karena hal ini membuat akselerasi motor menjadi menurun dan motor pun sulit mencapai top speed.

7. Sepeda motor terasa seperti lompat-lompat

Untuk Sobat yang menggunakan kopling manual, akan lebih terasa jika kondisi rantai motor Sobat telah aus dan ketika kopling tangan dilepaskan, maka kondisi rantai seperti lompat-lompat karena dimensi dari gear dan rantai telah mengalami perubahan dan tidak sesuai.

8. Mudah untuk digoyangkan

Komponen rantai dan gear itu sangat mudah untuk digoyang-goyangkan ke kanan dan ke kiri. Hal ini bisa disebabkan karena rantai aus maupun kondisi rantai yang sudah memanjang karena usia rantai tersebut. Untuk hal ini Sobat bisa mengakalinya dengan memotong sebagian rantai untuk memperpendeknya.

 

Jika gear set sepeda motor Sobat perlu diganti silahkan order Gear Set Honda Genuine Part melalui link berikut : kliknss.co.id

 

Buat kalian yang berminat untuk pesan motor Honda Scoopy terbaru 2022 bisa cek info selengkapnya di link di bawah ini:

Scoopy Terbaru 2022 (Varian Stylish, Prestige, Sporty dan Fashion)

Cek juga info lengkap Honda Vario 160 2022 di link di bawah ini:

Vario 160 Terbaru 2022 (Varian ABS dan CBS)

 

#nusantarasaktigroup #perawatansepedamotor #gearser #rantai #gear

Share: