Posted October 28, 2022

Toolkit Yang Wajib Ada Di Bagasi Motor

JAKARTA - Selain memperhatikan perawatan sepeda motor, para bikers sebaiknya selalu berjaga-jaga saat berkendara dengan membawa beberapa sparepart cadangan seperti busi, dan tentu saja beberapa toolkit untuk menghadapi kondisi darurat di sepanjang perjalanan. Lalu toolkit apa saja yang sebaiknya selalu ada di dalam bagasi motor? Ini penjelasannya, Sob.

 

1. Kunci pas

Kunci pas terbuat dari logam paduan chrome vanadium dan memiliki ciri fisik yang khas, yaitu bentuk kepala pembukanya yang menyerupai huruf "U". Fungsinya untuk membuka dan mengencangkan baut atau mur. Kunci pas umumnya memiliki dua ukuran, misal ujung satunya memiliki ukuran 10 mm dan ujung satunya lagi 12 mm. Dan ada juga yang ujung satunya berjenis kunci ring dengan ukuran yang sama, kunci jenis ini biasanya dikenal dengan kunci kombinasi.

 

2. Tang

Tang merupakan salah satu toolkit yang wajib ada di bagasi motor. Tang terbuat dari bahan baja dan pada pemegang tang dilapisi dengan bahan karet keras. Toolkit ini fungsinya berguna banget, mulai dari menjepit klem, memotong atau mengiri kabel, sampai membuka mur yang slek.

 

3. Obeng

Obeng secara umum digunakan untuk mengencangkan atau mengendurkan baut dan sekrup. Obeng sendiri memiliki beberapa jenis kepala atau mata, yang paling umum yaitu bentuk plus (+) dan minus (-) dengan berbagai ukuran. Toolkit ini wajib banget ada di dalam bagasi, karena jika kita dalam kondisi darurat dan mengharuskan membuka bodi motor, obeng diperlukan untuk mengendurkan baut/sekrup yang terpasang pada bodi motor.

 

4. Pisau lipat atau gunting

Toolkit ini berguna banget untuk memotong kabel, memotong selotip, atau saat darurat bisa dipakai untuk melubangi bodi motor.

 

5. Kunci L

Beberapa sepeda motor jaman sekarang untuk membuka bodinya perlu kunci L. Memang ada baiknya selalu menyediakan kunci L berbagai ukuran karena tidak semua toolkit menyediakan kunci L.

 

6. Kunci inggris

Kunci serba guna ini bisa dijadikan kunci pas dengan berbagai ukuran. Bahkan di saat kondisi tertentu, kunci inggris bisa dijadikan pengganti palu untuk menggetok komponen yang bermasalah.

 

7. Lakban

Ini juga merupakan toolkit yang penting, Sob. Gunanya untuk menempelkan komponen yang terlepas di saat darurat. Dari bodi pecah sampai kabel yang terkelupas, untuk sementara bisa diselamatkan dengan lakban.

 

8. Kabel ties

Harganya yang murah, tidak sampai Rp 2.000,- per biji dan punya banyak julukan dari zip ties sampai insulok. Fungsinya cukup membantu untuk merekatkan dua komponen yang bermasalah saat lakban tidak kuat atau di daerah yang sering terkena oli.

 

9. Senter

Ini juga cukup penting karena kadang masalah yang menghampiri motor tidak kenal waktu. Tidak ada ruginya bawa senter setiap riding kok, Sob! Fungsinya dari sekedar menerangi bagasi, membantu mengoprek motor saat gelap, penerangan darurat saat lampu sepeda motor padam, hingga menjadi sinyal untuk pengendara lain kalau motor Sobat sedang ada masalah.

 

#nusantarasaktigroup #perawatansepedamotor #tips #toolkit #safetyriding #berkendaraaman

Share: